You are here:Home » Makanan » Makanan Untuk Kesehatan Rambut

Makanan Untuk Kesehatan Rambut


Rambut adalah mahkota bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Rambut yang indah berkilau, tebal, subur adalah simbol dari kecantikan atau keindahan.


 Makanan Untuk Kesehatan Rambut

Setiap orang tentu ingin memiliki rambut yang indah, khususnya kaum wanita yang sangat peduli pada penampilan dirinya. Wanita memang lebih peduli terhadap kesehatan dan kecantikan dirinya, daripada pria. Karena itu, banyak wanita terlihat sibuk antri di salon-salon kecantikan untuk perawatan rambut, kulit, dan wajah.

Menggunakan shampoo, conditioner atau jenis perawatan khusus yang mahal memang bisa membantu. Namun, sebenarnya, tanpa harus repot dan membayar biaya salon dan perawatan mahal, ada makanan murah yang bisa kamu konsumsi untuk mempengaruhi keindahan dan kesehatan diri dan rambut kamu. Ada makanan yang membuat rambut kamu menjadi lebih baik dan ada pula makanan yang membuat rambut kamu menjadi lebih buruk.

Untuk memilih makanan untuk kesehatan rambut, pastikan bahwa kamu mendapatkan cukup nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan dan penampilan rambut, seperti protein, zat besi, dan vitamin B. 

Apa sajakah makanan untuk kesehatan rambut, berikut beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk kesehatan rambut:

Makanan untuk Kesehatan Rambut 

Ikan

Ikan mengandung protein yang sangat tinggi untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Ikan juga mengandung vitamin B-12 dan zat besi yang baik untuk kesehatan rambut. Ikan yang kaya akan omega-3 seperti salmon, tuna, dan sarden yang baik untuk mencegah kulit kepala menjadi kering sehingga memberikan kesan rambut tidak kusam. Kekurangan asupan omega-3 dapat membuat kulit kepala kering dan kusam serta rambut menjadi tak bernyawa.

Telur

Telur mengandung jumlah protein yang tinggi, juga vitamin B-12. Kekurangan vitamin B-12 dalam tubuhnya kemungkinan akan mendapatkan pertumbuhan rambut putih atau uban yang lebih cepat. Telur juga kaya akan biotin, yang dipercaya baik untuk pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku.

Unggas ternak

Unggas ternak adalah makanan berprotein tinggi yang sangat baik untuk kesehatan rambut, yang dapat mencegah kondisi rambut rapuh dan kusam. Unggas ternak seperti ayam dan kalkunadalah contoh unggas ternak yang kaya akan zat besi.

Susu dan olahan susu rendah lemak

Susu dan produk olahan susu rendah lemak lainnya juga baik untuk dikonsumsi. Susu kaya akan kalsium sebagai mineral penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Susu sapi rendah lemak juga baik untuk mencegah kerontokan rambut.

Kenari

Kacang-kacangan juga mengandung biotin, zat besi dan zinc, yang mana esensial untuk menumbuhkan rambut yang sehat. Kenari adalah satu-satunya jenis kacang yang memiliki sejumlah besar omega-3 asam lemak. Selain kandungan omega 3 di dalam kenari terdapat pula biotin dan vitamin E yang membantu melindungi sel-sel  dari kerusakan DNA. Kenari juga memiliki kandungan tembaga dan mineral yang membantu menjaga warna rambut alami anda berkilau.

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan rambut. Vitamin A dan C membantu memproduksi minyak di kulit kepala, membuatnya tidak tampak kering dan tetap bersinar. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung kalsium dan zat besi. Contoh sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi untuk keindahan rambut adalah bayam dan brokoli.

Kiwi

Kiwi merupakan asupan yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kondisi kesehatan rambut secara alami. Kiwi sangat kaya akan vitamin C dan zat besi, suatu kombinasi yang baik jika dipadukan, karena akan mudah diserap dengan lebih baik oleh rambut.

Wortel

Wortel juga bermanfaat untuk kesehatan rambut.Wortel merupakan sumber makanan yang sangat baik. Vitamin A mendorong pembentukan sebum (minyak) di kulit kepala. Sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut.

Tiram

Tiram kaya akan kandungan zat besi. Tiram juga menyediakan kandungan protein tinggi. Tanpa protein yang cukup, tubuh tidak dapat menggantikan rambut yang alami sehingga mengakibatkan kering, rapuh, atau lemah. 

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sumber betakaroten dan antioksidan yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A..Vitamin A dapat membantu dalam merawat kesehatan kulit kepala dan juga menghilangkan gatal dan ketombe.

Kacang kedelai 

Kacang kedelai memiliki kandungan protein, biotin, zat besi dan seng yang dapat menjadi nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Selain kacang kedelai kacang merah juga memiliki kandungan serupa.

Yoghurt Yunani

Yoghurt yunani yang mengandung protein yang tinggi, vitamin B5 (asam pantotenat) dan juga kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan rambut.

Bluberry

Bluberry mengandung vitamin C sangat penting untuk kesehatan rambut. Vitamin C sangat penting untuk sirkulasi pada kulit kepala dan mendukung pembuluh darah kecil yang memberi makan pada folikel. 

Plum

Plum kaya akan zat besi, yang dapat membantu mencegah rambut rontok, rambut kusam, rambut tipis, dan warna rambut. Plum dapat membantu untuk memperbaiki tekstur rambut . 

Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang mampu menjaga kulit kepala agar sehat. Mengkonsumsi teh hijau dapat mengobati masalah ketombe. Mencuci rambut dengan teh hijau atau menerapkannya pada kulit kepala akan membantu untuk menghilangkan ketombe.

Beras

Beras merah mengandung beberapa protein, vitamin dan serat yang akan membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Paprika

Paprika adalah sumber vitamin C, dan Vitamin C yang membantu transisi oksigen ke folikel rambut, dan membantu dalam pembentukan kolagen serta meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Biji labu

Biji labu a sarat dengan protein, omega-6 asam lemak, seng dan zat besi, yang tentunya baik untuk menutrisi rambut dan kulit kepala kamu.

Walnut

Walnut kaya kandungan biotin atau nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan,  menguatkan rambut, sehingga rambut lebih sehat, bercahaya, dan terhindar dari kerontokan.

Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin A dan E untuk menutrisi rambut. Minyak alpukat juga bermanfaat mencegah dihidrotestosteron (DHT) yang dapat merusak folikel rambut. Selain dimakan, untuk perawatan rambut dari luar bisa dengan cara dioleskan pada rambut dengan dijadikan masker rambut. Agar lebih maksimal, tambahkan masker rambut alpukat dengan santan.

Demikian artikel tentang Makanan untuk Kesehatan Rambut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Caramakan.com. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar