You are here:Home » Makanan » Makanan Khas Indonesia Kuliner Enak

Makanan Khas Indonesia Kuliner Enak

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang kaya akan ragam etnis dan budaya. Begitu pun selera. Tak heran, makanan khas Indonesia pun sangat bervariasi, tersebar dari Sabang hingga Merauke. Setiap jenis makanan ini unik dengan cita rasa dan paduan bahan serta rempah berbeda-beda yang sangat menggugah selera. 

Sembilan Contoh Hidangan Kuliner Khas Indonesia Paling Terkenal

Ini nih beberapa makanan khas Indonesia yang paling terkenal:

1. Sate

Sate adalah makanan dari daging yang ditusuk dan dibakar di atas arang. Daging yang dipakai bisa daging ayam, kambing maupun sapi.

sate
Gambar : isanu.org


Makanan lezat ini biasa disajikan dengan lontong atau nasi dilengkapi saus kacang dan kecap yang dibalurkan di atasnya. Makanan yang banyak dijajakan oleh warung-warung di pinggir jalan ini sangat membuat ketagihan, apalagi dengan baunya yang membuat perut keroncongan.

2. Rendang 

Hidangan ini berasal dari Padang. Masakan Padang terkenal karena kepedasan dan kekayaan cita-rasanya. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam waktu cukup lama agar lunak. Rendang jelas merupakan makanan yang wajib dicoba karena kelezatan rasanya.

3. Soto

Siapa yang tidak pernah makan soto? Soto adalah masakan tradisional Indonesia berupa sup ayam berkaldu dengan bumbu kunyit sehingga warnanya kuning. Hidangan ini disajikan dengan suwiran ayam, telur, bihun dan kentang serta bawang goreng renyah. Ada begitu banyak varian soto di Indonesia. Wilayah berbeda memiliki jenis soto berbeda. Ada Soto Kudus dari Jawa Tengah, Soto Betawi dari Jakarta, dan Coto Makassar dari Sulawesi. Bahkan, ada juga yang namanya rujak soto, paduan antara rujak dan soto. 

4. Rawon.

Rawon adalah masakan dari Jawa Timur. Daging sapi direbus bersama kuah berbumbu berwarna cokelat gelap atau hita berkat keluak. Rawon memiliki rasa yang kaya. Kuliner ini paling nikmat jika disantap dengan sepiring nasi. 

5. Pempek. 

Pempek atau empek-empek adalah hidangan dari ikan dan tepung tapioka yang berasal dari Sumatra Selatan. Pempek memiliki beberapa bentuk dan ukuran. Yang paling favorit, kapal selam, menghadirkan sebuah telur di tengahnya. Hidangan ini kini juga semakin sering ditemukan di berbagai warung atau gerobak jalanan.

6. Nasi Uduk

Makanan beraroma nikmat ini juga salah satu makanan khas Indonesia. Hidangan ini berupa nasi yang dimasak dengan santan kelapa. Nasi uduk biasanya disajikan dengan ayam goreng, tempe, telur dadar suwir, bawang goreng dan dilengkapi dengan sambal dan emping. Makanan ini paling nikmat jadi santap siang. 

7. Gudeg.

Masakan tradisional Yogyakarta ini terbuat dari nangka muda yang diolah dengan gula kelapa, santan, bawang putih dan berbagai bumbu-bumbuan. Makanan ini biasa disajikan dengan kacang merah, tahu, tempe, ayam dan berbagai pelengkap lain. 

8. Gado-gado.

Ini nih, saladnya Indonesia. Makanan ini merupakan kombinasi berbagai sayuran rebus dengan saus kacang. Makanan ini papling enak disantap lengkap dengan lontong dan kerupuk udang. Wah, bisa jadi sarapan yang sangat nikmat. 

9. Nasi Goreng.

Nasi goreng adalah salah satu masakan paling terkenal di Indonesia. Nasi goreng Indonesia dibuat dengan kecap manis dan disajikan dengan acar mentimun. Berbagai pelengkap bisa dimasak bersama nasi seperti ayam, sayuran, sea food, kambing, dan lain-lain. 


Makanan Khas Indonesia :  


Makanan Khas Bali

Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Palembang

Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Melayu

Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Padang

Itu hanya sebagian kecil contoh hidangan nikmat dari tanah air. Di seluruh penjuru nusantara, masih ada ribuan kuliner dengan cita rasa spesial yang patut dicoba. Makanan Khas Indonesia sangat menggiurkan sekali, bukan?

7 komentar:

  1. Situs Terbaik KAMI HOKI96ACE .ONLINE
    Minimal deposit 25rb
    Newmember Bonus 10rb
    Bonus harian 20%
    Poker Freechips 5rb setiap hari
    Info Lebih Lengkap Hubungi Kami :
    WA +62 852 1030 0882
    BBM : 96ACEIDN
    LINE : 96ACEIDN
    IG : QQ96INDO

    -PROMO BONUS DEPOSIT 20%
    -PROMO CASHBACK MIX PARLAY 100%
    -BONUS POKER HARIAN

    * Gratis Register
    * 100% Terpercaya & 100% Fairplay
    * No Bot Player Vs Player
    * JACKPOT 100% Bayar Penuh
    * Minimal Deposit Rp25.000 & Withdraw Rp50.000
    * Semua Game Bisa Dimainkan di PC/Android/IOS
    * 24 Jam Customer Service

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. bagus artikelnya nih, kamu lagi cari layanan catering nasi box tangerang ?, cobain aja family food harga nya sangat murah bgt

    BalasHapus
  4. izin share ya min ke yang lain, oh iya kami juga punya layanan web tentang nasi kotak murah tangerang , bisa di cek klo ada yang membutuhkannya

    BalasHapus