You are here:Home » Makanan » Makanan Khas Aceh Kuliner Enak

Makanan Khas Aceh Kuliner Enak

Makanan Khas Aceh - Beragam kekayaan alam dan budaya, Daerah Istimewa Aceh memiliki berbagai jenis kuliner tradisional yang unik. Tempat wisata kuliner di Aceh serta ciri khas masakan yang tentunya tidak boleh dilewatkan bagi wisatawan yang berkunjung ke kota serambi mekah tersebut.

Makanan Khas Aceh

Makanan Tradisional Aceh Yang Menggugah Nafsu Makan Anda

Makanan khas Aceh dibuat dengan cita rasa khusus yang menggugah selera. Beberapa di antaranya sangat terkenal hingga ke seantero nusantara, namun ada juga banyak makanan lain yang mungkin jarang kita dengan namun sangat patut dicoba. Apa saja?

Mie Aceh

Salah satu kuliner terkenal dari Aceh adalah mie Aceh. Makanan ini bisa disajikan dalam bentuk goreng maupun rebus.

Mie Aceh


Varian rebusnya menggunakan kuah nikmat yang pedasnya bisa disesuaikan sesuai selera Anda. Berbagai pelengkap membuat mie Aceh ini begitu menggoda seperti daging, sea food, atau kepiting. 

Rujak Aceh 

Siapa sih yang tidak pernah makan rujak? Anda dan keluarga pasti tidak asing dengan makanan yang terbuat dari buah-buahan segar yang disiram dengan bumbu gula merah dan kacang tersebut. Segar dan nikmat. 



Namun, ternyata rujak Aceh ini sedikit berbeda dengan yang lain. Jika rujak-rujak dari daerah lain biasanya terdiri dari buah seperti nanas, mentimun, mangga, apel dan bengkoang, di Aceh rujak menyertakan buah rumbia. Buah ini dari tanaman yang daunnya secara tradisional biasa digunakan sebagai bahan penutup atap rumah. Nah, buah ini dipadukan dengan buah-buahan lainnya dan diserut menjadi sebuah kudapan yang nikmat. Makanan ini cocok disantap dengan bumbu rujak pada siang hari panas sebagai pelepas terik.

Sate Matang

Seperti namanya, makanan khas Aceh ini berasal dari Matang, Bireuen, Aceh. Berbeda dengan sate-sate lainnya, sate Matang disajikan bersama dengan kuah soto.

Sate Matang
Foto : atjehliterature.blogspot.com

Sate Matang adalah tusukan daging berupa sate yang ada di provinsi Aceh. Anda pasti bisa membayangkan betapa unik dan kayanya rasa sate ini. Makanan ini sangat terkenal di Banda Aceh. Kini, di beberapa kota besar lain, makanan ini juga sudah mulai bisa ditemukan.

Ayam Tangkap

Yang ini merupakan salah satu makanan khas Aceh yang terbuat dari ayam goreng dengan kombinasi cabe hijau dan daun Salam Koja atau daun Teumuru. Nah, ayam ini disajikan dalam potongan kecil-kecil dan dihidangan tersembunyi di bawah tumpukan gorengan cabe dan bawang. 

Ungkot Kemamah

Ungkot kemamah merupakan masakan tradisional Aceh yang terbuat dari ikan tuna. Ikan ini direbus, dikeringkan lalu dipotong menjadi irisan kecil-kecil. Tuna itu lalu dimasak dengan berbagai  bahan lain seperti kelapa, cabai, kentang dan beberapa macam rempah-rempah. Karenanya, masakan ini punya cita rasa yang unik dan kaya.

Gulai Kambing

Di Aceh, gulai kambing merupakan sebuah hidangan yang terkenal. Yang spesial dari gulai kambing Aceh adalah rasanya yang khas. Hidangan ini dimasak menggunakan bumbu-bumbu dan rempah khas Aceh dalam sebuah panci besar yang selalu dihangatkan di atas kompor sehingga terjamin masih panas ketika disantap. Makanan ini dilengkapi dengan cabe rawit uleg serta jeruk nipis yang semakin membuat rasanya nikmat.

Nah, itulah beberapa contoh makanan khas Aceh. Jika Anda berkunjung ke Negeri Serambi Mekah tersebut, jangan lupa mencobanya, ya.

1 komentar: