You are here:Home » Makanan » Fungsi Makanan Bagi Tubuh

Fungsi Makanan Bagi Tubuh

Fungsi Makanan Bagi Tubuh - Salah satu ciri makhluk hidup adalah membutuhkan makanan, tak terkecuali manusia. Kualitas kesehatan tubuh sangat ditentukan oleh kualitas darahnya. Kualitas darah sangat ditentukan oleh kualitas makanan yang dimakan. Setiap manusia mempunyasatui kebutuhan makan yang berbeda, setiap bahan makanan pun memiliki kandungan gizi yang spesifik.


Fungsi Makanan Bagi Tubuh


Di dalam bahan makanan terkandung berbagai zat yang diperlukan oleh tubuh. Zat-zat tersebut antara lain : karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Agar dapat dimanfaatkan oleh tubuh, maka zat-zat tersebut harus dicerna terlebih dahulu.

Hasil pencernaan itu berupa sari-sari makanan. Sari-sari makanan inilah yang akan diserap oleh tubuh kita. Agar proses pencernaan berjalan dengan baik ataupun sempurna, maka organ-organ pencernaan pun harus bekerja dengan sempurna. Jika salah satu organ pencernaan kita sakit, maka proses pencernaan akan terganggu.

Lama proses pencernaan dipengaruhi oleh : jenis makanan (padat/cair, organik/kimia, berserat/tidak, dan sebagainya), kualitas organ-organ pencernaan, cara makan/minum, kondisi kejiwaan/psikologis, dan aktivitas kita.

Jumlah kandungan gizi pada bahan makanan itu penting, tetapi yang lebih penting adalah seberapa banyak gizi tersebut yang tercerna/terserap oleh tubuh kita. Di dalam tubuh beberapa makanan tidak dapat diserap secara sempurna. Biasanya karbohidrat, lemak dan protein diserap 98%, 95%, dan 92%.

Ada beberapa fungsi makanan bagi tubuh, diantaranya adalah :
  1. Sebagai sumber energi
  2. Sumber pengatur dan pelindung tubuh terhadap penyakit
  3. Sumber pembangun tubuh baik untuk pertumbuhan maupun perbaikan tubuh
  4. Sebagai sumber bahan pengganti sel-sel tua yang usang dimakan usia/rusak.
  5. Mengatur metabolisme dan mengatur berbagai keseimbangan, misalnya keseimbangan air, keseimbangan asam basa dan keseimbangan mineral didalam cairan tubuh
  6. Sebagai penghangat dan pelindung organ penting
  7. Berperan di dalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit, misalnya sebagai antioksidan dan antibodi.
Demikianlah artikel mengenai Fungsi Makanan Bagi Tubuh ini dibuat agar Anda tahu apa saja fungsi makanan bagi tubuh kita.

0 komentar:

Posting Komentar